Wednesday, October 28, 2015

7 Cara Bangkit dari Kegagalan

Siapa yang tidak pernah gagal? Semua orang pernah gagal. Tidak penting anda sudah pernah gagal atau tidak, atau seberapa banyak anda telah gagal. Yang paling penting adalah bagaimana anda bisa bangkit dari kegagalan dan menjadikan kegagalan anda sebagai pelajaran yang sangat berharga.
Yang terpenting adalah jangan biarkan kita terpuruk dengan kegagalan. Kita harus segera bangkit. Untuk bangkit dari kondisi itu dibutuhkan ketekunan dan kegigihan serta motivasi yang kuat.
Apabila anda mengalami kegagalan, maka berikut ini adalah cara bangkit dari kegagalan.

1.Ikhlas Menerima Kegagalan

Langkah pertama dari cara bangkit dari kegagalan adalah ikhlas menerimanya. Cobalah untuk menerima kenyataan bahwa anda telah gagal. Jangan berpaling dari masalah ini, tetapi hadapi saja. Cobalah untuk ikhlas menerimanya. Cobalah untuk menerima diri. Katakan bahwa memang benar anda salah, ataumemang benar anda gagal. Namun, kegagalan anda tidak menggambarkan siapa anda. Anda masih bisa bangkit, anda masih bisa sukses lagi.
Dengan menerima kegagalan, berarti anda telah membebaskan diri dari tekanan batin anda. Anda bebas dari penyesalan dan kekecewaan. Mungkin anda perlu waktu untuk merenung. Lakukan saja, selama itu bisa menbuat anda tenang. Baca juga artikel tentang ikhlas.

2.Evaluasi diri

Cara bangkit dari kegagalan yang kedua adalah proses evaluasi diri. Setelah ikhlas menerimanya. Maka tiba saatnya anda harus mengevaluasi diri anda. Renungkan sejenak, apa saja kesalahan anda sehingga anda harus gagal. Apakah anda kurang percaya diri dalam melakukannya atau anda kurang persiapan. Buatlah catatan pada daftar kesalahan-kesalahan kita, sehingga kita tak akan terjatuh lagi dalam lubang yang sama.

3.Mengambil Hikmah dari Kegagalan

Langkah selanjutnya adalah mengambil hikmah dari kegagalan tersebut. Dengan mengambil hikmah dari kegagalan, kita juga bisa menghindari kesalahan yang sama. Ini juga bisa membuat semakin ikhlas menerima kegagalan tersebut. Seseorang yang mau belajar hikmah dari kegagalan dia tidak akan mudah jatuh pada kesalahan yang sama dan akan lebih berhati hati dikemudian hari dan tak akan jatuh pada kegagalan yang sama. Bisa juga baca artikel hikmah dari kegagalan.

4.Mempertahankan dan Memperbaiki Visi

Langkah selanjutnya adalah dengan melihat kembali visi anda. Mungkin anda harus memperbaikinya atau kalau tidak, maka anda harus mempertahankan visi anda sebelumnya. Jangan menyerah dengan visi anda.
Tetaplah melihat tujuan atau visi yang ingin anda capai. seseorang yang mempertahankan pandangannya pada visi dialah yang akan memiliki kekuatan dan dialah yang akan tetap bangkit dari kegagalan.

5. Meningkatkan Potensi Diri

Seseorang akan semakin beruntung dengan semakin banyak persiapan yang dimilikinya. Semakin tinggi anda mampu mengeluarkan potensi diri anda semakin matang persiapan anda sehingga akan semakin beruntung pula anda.
Mungkin anda harus lebih banyak belajar lagi. Ada banyak cara untuk meningkatkan potensi diri. Anda bisa menghadiri seminar yang bisa memperkaya pengetahuan kita. Baca buku-buku yang dapat membantu kita meningkatkan strategi hidup kita.

6. Ambil Satu Langkah lebih Maju

Tentu saja untuk bisa berhasil dan bangkit dari kegagalan anda tidak boleh melakukan metode yang sama. Karena metode yang sudah anda lakukan mengalami kegagalan, maka anda harus satu langkah lebih maju dari metode sebelumnya. Sekarang adalah waktunya untuk mengambil langkah penting ke depan. Lakukan sesuai dengan kemampuan kita, dan buat suatu langkah pertama yang lebih baik dari langkah sebelumnya.

7. Meningkatkan kepercayaan diri anda

Anda harus percaya diri bahwa sebenarnya anda mampu untuk lebih baik lagi. Kepercayaan diri anda sangat berpengaruh pada keberhasilan anda selanjutnya. Mungkin saja anda sebelumnya kurang percaya diri, maka sekaranglah waktunya untuk meningkatkan percaya diri anda. Dengan begitu, anda akan lebih percaya akan kemampuan diri anda yang mungkin saja masih terpendam. Baca artikel tentang cara meningkatkan percaya diri.
dipetik dari blog : Ilawati at http://www.ilawati-apt.com/

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komen anda di sini agar kita dapat berkongsi maklumat dan pandangan